PENYEBAB MOBIL KURANG BERTENAGA

PENYEBAB MOBIL KURANG BERTENAGA

PENYEBAB MOBIL KURANG BERTENAGA

Penyebab mobil kurang bertenaga

Ketangguhan kendaraan bermotor seperti mobil memang sangat dibutuhkan pada beberapa kondisi. Misalnya, saat anda akan melakukan perjalanan jauh dengan kondisi geografi yang menanjak atau jalanan yang tidak rata. Mobil seperti ini tentu saja akan didukung dengan mesin terbaik. Semakin baik kondisi dan jenis mesin maka akan semakin mudah anda melakukan perjalanan. Namun, beberapa pengendara sering merasakan mobil kurang bertenaga. Kondisi seperti ini yang akan menghambat perjalanan anda.

Mobil yang kurang bertenaga tentu saja memiliki banyak permasalahan. Anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya sehingga mudah untuk menentukan solusi terbaik. Apalagi bila usia mobil anda juga tergolong tua. Biasanya hal itu justru membuat kendaraan sering mendapatkan berbagai masalah.

penyebab mobil kurang bertenaga

8 penyebab mobil kurang bertenaga

Sebenarnya ada beberapa penyebab mobil kurang bertenaga yang harus anda ketahui. Penyebab seperti ini sering terjadi pada mobil dalam penggunaan kendaraan yang sudah berumur. Selain itu, kondisi mobil juga akan mempengaruhi anda untuk mengetahui penyebabnya. Biasanya semakin sering mobil digunakan maka mulai banyak muncul penyebab dari mobil yang kurang bertenaga. Berikut ini ada 8 penyebab mobil kurang memiliki tenaga yang baik dalam melakukan perjalanan, seperti:

  1. Mesin dalam kondisi overheating

Penyebab pertama adaah kondisi mesin yang terlalu panas. Hal ini biasanya terjadi karena sistem pendingin yang ada di bagian mesin tidak bekerja dengan maksimal. Kondisi seperti ini justru sangat berbahaya karena akan membuat komponen mesin lain bermasalah seperti pada piston atau silinder. Bila piston bermasalah biasanya gesekan pada mesin akan semakin lebih berat.

  • Filter udara kotor

Anda harus ingat bahwa mesin mobil membutuhkan oksigen yang berkualitas. Hal ini yang membuat fungsi dari filter udara harus maksimal. Semakin baik kualitas fungsi dari filter udara maka akan memudahkan proses masukan oksigen di dalam mesin. Namun, sebaliknya bila oksigen yang masuk melalui filter tidak tersaring dengan baik akan membuat kerusakan pada mesin. Biasanya kondisi ini terjadi karena filter udara tersumbat akibat banyak kotoran yang menempel.

  • Masalah pada pengapian

Pengapian di dalam mesin mobil biasanya mempengaruhi proses pembakaran secara menyeluruh. Bila proses pengapian bermasalah maka kinerja mesin akan semakin menurun. Proses pembakaran yang baik juga membuat bagian mesin akan bekerja dengan maksimal. Kerusakan atau permasalah yang terjadi pada proses pembakaran ini biasanya terdapat pada koil busi, kabel busi atau dari busi itu sendiri.

  • Filter BBM terlalu kotor

Penyebab berikutnya adalah filter bahan bakar yang sangat kotor. Arus bahan bakar yang dialirkan ke bagian mesin akan melalui proses penyaringan. Bila filter bbm dalam keadaan kotor maka terjadi penyumbatan. Hal ini tentu saja akan membuat kinerja mesin akan semakin terganggu. Anda harus tahu bahwa filter bb mini juga harus memiliki kondiis yang baik agar fungsi dari penyaluran bbm semakin baik dan lancar. Semakin bersih filter bbm pada bagian mesin maka distribusi bbm untuk seluruh mesin akan semakin baik. Bahkan, anda juga akan mendapatkan kinerja mesin yang sangat ideal.

  • Kotornya busi

Sistem pembakaran di dalam mesin juga akan dipengaruhi pada kualitas busi yang digunakan. Semakin baik kualitas dari busi itu maka proses pembakaran akan semakin baik. Namun, busi yang kotor justru akan membuat proses pembakaran akan tersumbat. Proses pembakaran yang terhambat ini biasanya terjadi akibat korosi atau karat yang ada di bagian busi. Anda bisa melakukan pembersihan secara berkala pada bagian busi agar permulaan proses pembakaran semakin baik.

  • Mesin turbo yang bermasalah

Salah satu jenis mesin yang memiliki tenaga sangat baik adalah tipe turbo. Apalagi mobil dengan mesin ini sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh hingga kondisi jalan yang menanjak. Anda harus tahu bahwa setiap mesin turbo selalu dilengkapi dengan sistem turbo vane. Sistem ini memiliki fungsi untuk mengatur perhitungan boost pressure. Bila fitur sistem mesin ini tidak berfungsi dengan baik maka akan mengganggu suplai udara yang berlebihan di bagian mesin. Biasanya hal ini juga akan membuat overboost. Bahkan, pada beberapa kasus kondisi ini juga membuat overboost hingga overheating pada mesin turbo.

  • Pemilihan ban yang tidak ideal

Elemen lain yang bisa menjadi penyebab dari mobil tidak memiliki tenaga maksimal adalah kondisi ban yang tidak stabil. Anda harus ingat bahwa ban memiliki perhitungan ukuran yang disesuaikan dengan kondisi dari mobil itu sendiri. Ukuran dari tapak ban juga memberikan dampak yang sangat besar bagi mobil untuk mendapatkan kinerja maksimal. Semakin besar ukuran tapak justru akan membuat mobil tidak leluasa untuk bergerak. Bahkan, ukuran tapak terlalu besar akan memberikan dampak pada kekuatan mesin yang dibutuhkan sangat besar. hal ini terjadi karena beban dari ban akan berpengaruh pada kinerja.

  • Oktan BBM terlalu rendah

Mungkin ini adalah penyebab yang paling umum terjadi. Biasanya mobil keluaran terbaru akan membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi. Perhitungan oktan seperti ini akan mempengaruhi kinerja. Semakin tinggi oktan pada bahan bakar akan membuat proses pembakaran pada mesin menjadi lebih sempurna. Bahkan, bahan bakar dengan oktan tinggi juga akan membuat mesin lebih awet untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mengatasi mobil kurang bertenaga

Setelah anda mengetahui berbagai penyebab mobil kurang bertenaga seperti ini biasanya akan memudahkan pilihan solusi yang ideal. Masing-masing dari penyebab itu tentu saja akan membutuhkan tindakan yang berbeda. Bahkan, anda juga bisa menggunakan solusi ini secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut ini beberapa solusi yang bisa diandalkan untuk mengatasi mobil kurang bertenaga seperti:

  1. Melakukan perawatan mesin secara berkala

Hal ini harus anda lakukan secara berkala. Apalagi beberapa mobil dengan jenis tertentu juga membutuhkan perawatan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Perawatan ini untuk mengetahui seluruh elemen yang akan diganti. Perawatan ini mencakup penggantian oli, pemeriksaan filter bbm dan filter udara hingga kondisi dari radiator. Jangan pernah mengambil resiko untuk menggunakan mobil dengan kondisi mesin yang buruk.

  • Menggunakan oktan BBM yang tinggi

Solusi seperti ini sangat disarankan bagi anda yang memiliki mobil keluaran tahun tinggi. Anda harus ingat bahwa oktan BBM yang tinggi akan membuat proses pembakaran di bagian mesin menjadi lebih sempurna. Bahkan, oktan BBM seperti ini akan membuat mesin menjadi lebih awet.

  • Menggunakan ban dengan ukuran ideal

Ukuran dan jenis ban yang anda gunakan pada mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan. Hindari penggunaan ban dengan ukuran sangat besar untuk menghindari beban yang berlebihan. Perhatikan juga kualitas dari material ban itu.

Baca Juga : Bengkel Mobil Terbaik Di Tasikmalaya

1 Comment

Post A Comment